Tips Anak Cepat Naik Sepeda Roda 2

0
 
Tips anak belajar sepeda roda 2


Sejak kakak usia 3 tahun, umi dan abi sudah membelikan kakak roda 2 yang terpasang roda bantu kecil 2 buah dibelakangnya.

Tips beliin sepeda anak murah meriah: tidak harus baru yang penting layak yah. Kalaupun ada minus, minus minor bukan mayor. Bisa diperbaiki lagi sama abinya alhamdulillah. 

Kuncinya harus punya sepeda sendiri kalau minjem terus ya gak enak kan hehe Terus juga sepeda yang roda 2 ya yang ada bantuan roda kecilnya. 

Jadi, bukan roda 3 yang untuk bayi. Menurut saya beda, karena dulu saya begitu waktu kecil. Dan ya gak belajar-belajar jadinya

Pertama banget kakak belajar sepeda itu bener-bener gak bisa gowes. Jadi awalnya itu dia :

1. Roda 4, Belom bisa gowes 2 kaki muter-muter gitu , baru bisa gowes 1 kaki gitu jadi ibaratnya orang jalan , jalannya pincang gitu.

2. Setiap hari main aja terus meskipun masih gowes 1 kaki. Tapi, sempet vakum juga berbulan-bulan. Didiemin aja gitu sepeda di rumah. Jarang dipake pokoknya.

3. Lama-kelamaan bisa gowes 2 kaki muter-muter. Awalnya latihan di rumah aja yang lantainya masih lantai rumahan kan. Jadi, awal belajar itu gak langsung di jalanan yang ada bebatuannya kan. Kalau jatuh kasar banget. Kalau di dalem jatuhnya kan gak terlalu beresiko

4. Di Usia 5 tahun alhamdulillah kakak sudah bisa gowes roda 2 alhamdulillah

Cara belajar sepeda agar meminimalisir resiko :

1. Sering-sering kasih video orang yang bersepeda. Jadi, jangan langsung praktek di jalan untuk meminimalisir resiko seperti jatuh, terluka, menabrak, dll.

2. Prakteknya jangan di jalan aspal kalau bisa di rumah dulu atau di teras. Kalau tidak punya bisa di area taman.

3. Tiap hari bersepeda jadi jangan jarang-jarang pakai sepedanya alhamdulillah setelah tau triknya si kakak cepat sepedaannya. Maa syaa Allah.

Alhamdulillah, kakak Zahra bisa naik sepeda roda 2 di usia 5 tahun 3 bulan. Padahal, dulu Zahra sangat lambat untuk bisa jalan. 

 

Bukan tipe yang tengkurep, trus merangkak dulu, tiba-tiba langsung bisa jalan. Usia 1,5 tahun jalannya masih sering jatuh. Keseimbangan badannya kurang.

Aku sebagai ibunya ya sering nangis juga dalam doa. Aku tetep yakin anakku bisa jalan. Soalnya, udah banyak juga kan yang ngomongin khawatir anak ini kenapa-kenapa karena belum bisa jalan sesuai usianya.


Maa syaa Allah laa haulaa wa laa quwwata illa billah dengan tetap ikhtiar dan doa bahagia sekali melihat dia sudah lancar bersepeda roda 2.

Semangat buat yang lagi belajar sepeda ya !

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)