Kegiatan Ibu Rumah Tangga Bersama Anak di Rumah #Eps02 Homeschooling Indonesia

1
Daily Vlog Homeschooling Indonesia


 Noffee School-Homeschooling Indonesia

Selasa, 23 Agustus 2023
Kegiatan Ibu Rumah Tangga Bersama Anak di Rumah #Eps02

Alhamdulillah

1. Kakak usia 5 tahun 5 bulan

Jadi, setelah kakak makan gitu yah lalu kita ngaji, membaca Al Quran.
Membaca Al Quran 1 halaman. Ini kakak Zahra prosesnya juga lama yah memang daru sebelum dia bisa bicara udah mulai kita kenalin huruf-huruf hijaiyah. Jadi, gak semudah itu tau-tau bisa baca Quran. Tydak...

Alhamdulillah Allah masih kasih kesehata. Sampai hari ini. 

2. Gowes sepeda bareng

Kita keluar rumah sambil gowes biar kena matahari pagi yah. Adek umi bonceng di depan. Alhamdulillah kakak udah bisa naik.sepeda roda 2 jadi bisa gowes bareng.
Kita gowes sebentar beberapa menit aja biat ngambil jatah beras sekalian. Beras dari dapur catering ya. Nasi masak sendiri, begitu.

3. Ngaji di Masjid dekat Rumah

Nah, setelah capek gowes-gowes kita lanjut ngadem di masjid. Alhamdulillah masjidnya terbuka umum 24 jam. Gak terlalu rame kan ya karena masih di luar jadwal solat.

Di masjid ini kakak dan adik bisa ngaji dan main-main di masjid. 

Untuk Al Quran kakak, umi pakai yang per juz, jadinya ringan ditenteng kemana aja. Dan Iqronya wirda umi pake yang printable bawa selembaran gitu. Jadi gak berat , hehe.

Alhamdulillah nyaman banget masjidnya. 

Karena adek gak pake popok ,disini umi sering bolak balik ke kamar mandi karena harus ngurusin adek yang dikit2 mau pup dan pipis ,hehe untungnya adek gak ngompol yah udah bisa ngomong mau pipis atau pup.


4. Main di kebun

Harusnya sore ini tuh jadwal kursus umi , cuma karena abinya lagi sibuk gak jadi deh. Akhirnya, kita main-main aja di kebun deket rumah sama tetangga. Cantik banget kebunnya.

5. Belajar Wudhu dan Sholat

Untuk belajar sholatnya baru kebagian Solat Magrib dan Isya aja nih. Sisanya gak keangkut. Gpp masih dimaafkan.

Oke, kakak belajar wudhu. Dengan mengikuti instruksi ummi atau melihat poster wudhu yang umi tempel di depan kamar mandi. 

Alhamdulillah karena kakak udah bisa baca Al Quran, jadi doa-doa di poster dia udah bisa baca mandiri. Umiknya udah gak terlalu capek lagi deh ya , setidaknya. Wkwkwk

Disini kita gak belajar bacaannya dulu. Tapi, kakak dan adek ikut solat bareng ummi sesuai rakaat salatnya.

Jadi, selang seling aja gitu belajar solatnya. Kadang kita tuntun belajar bacaan sama gerakannya kalau kita udah selesai solat duluan atau lagi halangan gitu kan ya. Kalau kayak gini biasanya gak mau lama-lama cuma 1 rokaat doang. Heheh

Tapi, kalau full rokaatnya ya dia ikut solat aja bareng kita sambil diingetin kalo baca pelan-pelan bacaan yang selama ini udah kita ajarin. 

Tapi, ya namanya bocil. Solatnya kadang masih suka becanda ajah. Sabarrrr

6. Ngaji lagi abis Magrib

Biasalah yaa, si kakak kalo ngaji masih suka becandanya. Harus sabar2 deh emaknya nih.

7. Belajar Membaca

Nah, udah pada bagih nih buat nonton. Setelah seharian emang gak umi kasih nonton. Malam ini boleh nonton tapi yang bermanfaat.

Berhubung kakak belum begitu lancar baca ABC jadi kita setel aja video menarik yang ada materi membacanya. Sekarang udah banyak banget. Berhubung kakak sukanya yang ada bonekanya (bukan kartun) jadi umi setel video boneka tangan itu yang belajar baca.

Selengkapnya bisa bunda-bunda tonton video kami berikut ini ya



Terima kasih :)



Posting Komentar

1Komentar
  1. Asiknyaaa bisa gowes dan mampir ke masjid. Seru yah kegiatan belajar bersama anak-anak.

    BalasHapus
Posting Komentar